PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE STAD DAN YOUTUBE DI SMK PIUS X MAGELANG

Ritavany, Vinsensia Gebyar and Wuriningsih, F R and Sugiyana, F X (2022) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE STAD DAN YOUTUBE DI SMK PIUS X MAGELANG. NALAR: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (1). pp. 22-29. ISSN 2962-1518

[thumbnail of https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/nalar/article/view/43/44] Text (https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/nalar/article/view/43/44)
_22-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan dasar bagi setiap anak untuk tumbuh dan berkembang. Demi peningkatan motivasi dan prestasi belajar dibutuhkan suatu pembelajaran yang mendukung dan metode yang tepat. Untuk itu guru dituntut memiliki kreativitas dalam menggunakan metode dan media ajar yang menyenangkan. Salah satu metode adalah STAD atau pembelajaran kelompok yang mampu menumbuhkan kerja sama dan kreativitas siswa (Gusniar, 2017). Penggunaan metode STAD dan media Youtube ini dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Pius X Magelang dengan pendekatan kuantitatif eksperimen. Tujuan dari penelitian iini adalah (1) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode STAD dan media Youtube di SMK Pius X Magelang. (2) Mengetahui penggunaan metode STAD dan media Youtube dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Pius X Magelang. (3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dari penggunaan metode STAD dan media Youtube terhadap Prestasi belajar siswa di SMK Pius X Magelang. Pengambilan data dilakukan melalui Pretest, Posttest dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa menyukai pembelajaran dengan metode STAD dan media Youtube karena menyenangkan dan membuat materi mudah dipahami. 2) Skor motivasi meningkat dari 24 menjadi 41 pada materi pertama dan 46 pada materi kedua, serta rata-rata hasil belajar meningkat dari 67,50 menjadi 81,25. 3) Adanya pengaruh motivasi dari penggunaan metode STAD dan media Youtube terhadap hasil belajar sebesar 62%. Simpulan: Motivasi dari metode STAD dan media Youtube berpengaruh terhadap prestasi belajar PAK. Saran: guru dapat menggunakan dan mengembangkan metode STAD dan media Youtube dalam PAK.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: Repository Publisher
Date Deposited: 07 Dec 2024 03:37
Last Modified: 07 Dec 2024 03:38
URI: http://repository.stpkat.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item